Al-Arba'ah (الأَرْبَعَةُ) dalam Bahasa Minang

Al-Arba'ah adalah penomoran 4 (empat) dalam bahasa Arab. Al-Arba'ah itu sendiri berbentuk muannats. Sebelum masuk ke bahasa minang coba kita lihat yang berkaitan dengan hal ini:

١. أربعة

٢. أربعون

٣. أربع

٤. أربعين

٥. أربعاء

Kita cukupkan sampai 5 kata yang berkaitan. Pertama, arba'atun (أربعة) bentuk hurufnya nakirah. Kedua, arba'uun (أربعون) adalah jamak bentuk marfu'. Ketiga, arba'un (أربع) bentuk muzakkar. Keempat, arba'iin (أربعين) adalah jamak bentuk mansub. Untuk kelima berbeda dengan empat kata sebelumnya, dalam kata lain empat kata sebelumnya kategori angka; empat (أربعة), empat puluh (أربعون), empat (أربع), dan empat puluh (أربعين).

Nah, dalam bahasa minang tentunya mempunyai angka ini dan sama-sama kita tahu bahasanya adalah "Ampek". Tapi yang saya maksud disini bukan mengartikan dari bahasa Arab ke bahasa minang. Yang saya maksud adalah salah satu pemakaian bahasa minang "Ampek" itu sendiri. Pemakaian yang membuat saya menulis postingan ini adalah sebagai pengganti bahasa yang diaturkan oleh orang ketiga yang bahasanya terkenal kasar.

Baiklah, penutupnya membahas kata kelima yang berkaitan dengan "Ampek" dalam bahasa Arab tadi yaitu arbi'a, hari Rabu.



Komentar